Monday 23 January 2012

esai puisi


                                                          GURUKU                        
Sucidaniklaspemberian mu
Dari kami butamenjadi tau
Sucidanikhlaspengorbanan mu
tiadaternilaijasabaik mu

Engkaulaksanalampudalamkegelapan
Yang menerangialamkalbuku
Engkaubagaikanangin
Yang selaluberbisiktentangkebaikan

Namamuselalubergelora
Dalamhatiku
Jasadanbenih yang engkautanam
Kinitelahtumbuhbersemi

Terpujilahengkauwahaigurukupahlawanhidupku
(SaifuddinUsman)

                                             PELANGI UNTUK GURU        

Dia…
Dia yang mengajarikuselamaini
Diayang  menjadikankusepertiini
Dia yang reladititipkanseorangaku..
Benda kosongmelompong yang saatituhanyapenuhnafsu..

Lalu…
Iaanggapdirikulayaknyaselembarkertasputih
Dilukisnyawarna-warnadamainanberarti
Putih, agar dirikuberpikiranjernih
Emas, agar dirikubersinarcerah
Dan merah, agar hatikupenuhdengansemangat yang membara

Suatusaatnanti, akuakankembalipadanya..
Membalasbudinya..
Melukiskanberibupelangi yang pantasiabanggakan

Jasanyauntukkutakkanpernahtergantikan
Ku ucapkanterimakasihuntukmu, pelitahatiku
Ku ucapkanterimakasihuntukmu..
Oh Guruku…
                                                     (SaifuddinUsman)                            










KalauIngin Kaya JanganJadi Guru
Padatahunbaru 2012 ini,tepatnyatanggal 1 Januari 2012 sayamengikuti seminar dengantema “MotivasiWirausahaBagiPemuda”yangdiselenggarakanolehLembagaPengabdianMasyarakatUniversitasMuhammadiyahPurworejo .PembicaraadalahBapak Hartono dosenekonomidari UMP .''KalauAndainginjadi orang kaya, makajanganpilihmenjadiguru atau PNS,''.Begitulahkalimatyang keluardaripembicarasaatmenerangkanperbandinganpendapatanantara guru denganberbagaiprofesi lain.Beliauterkesansepertimemojokkanprofesi guru.Padahal guru adalahpahlawansebagaimanatercantumdalamliriklaguHymne Guruyangkira-kirabunyinyasepertiini.
Terpujilahwahaiengkauibubapak guru
Namamuakanselaluhidupdalamsanubariku
Semuabaktimuakankuukir di dalamhatiku
Sebagaiprasastiterimakasihku
Tukpengabdianmu
Engkausebagaipelitadalamkegelapan
Engkaulaksanaembunpenyejukdalamkehausan
Engkau patriot pahlawanbangsa
Tanpatandajasa
Katikakitamengajukanpertanyaantentangcita-citakepadaparasiswa SMApastisedikit yang bercita-citamenjadi guru.Cita-citaunukmenjadi guru terletak di deretanterakhirdaridaftarcita-cita.Menjadi guru adalahpilihanpekerjaanterakhirdaripadamenjadipengangguran.Ironisnya guru dianggapsebagai orang yang tidakpunyakreatifitasdalamberwirausaha yang maunyahanyapenghasilantetapdanhidupnyadijaminpemerintah.Padahalbanyak guru yang suksesdalamberwirausahasebagaihasilsampingan.
Memangpendapatan guru tidaklahseberapadibandingkandenganprofesilainnyasepertipengusaha.Belumlagitempatmengajaryang  jauh di bawahstandarkemanusiaansepertikelasbocor, lantaipecah, ruangkelasroboh, kekuranganalat bantu, halamansempit, dankotor.Berbekaldarisemboyan ‘pahlawantanpatandajasa ’ yang diusungpemerintah, yaknipahlawan yang berkontribusidalammelakukanekspansiilmuterhadappesertadidiktanpaembel-embelpamrih di belakangnya.Para guru diharapkanbisaberfungsisesuaituntutanmeskipuntempatkerjanyatidaksesuaituntutan.
Sejatinya, wajar-wajarsajakalaugaji guru amatlah minim, wongtanpatandajasa.Bagi guru material bukanlahhal yang terpentingtetapikemajuanpesertadidiklah yang penting.Makadariituiapunikhlasmemberikanilmu yang dimilikinyauntukparasiswanyawalaupungaji yang iaterimataksebandingdenganapa yang iaberikan.
Sucidanikhlaspemberian mu
Dari kami butamenjadi tau
Sucidanikhlaspengorbanan mu
tiadaternilaijasabaik mu
Sejarahmengatakanbahwa Indonesia merdekasetelahadakaumcendekiawanataugolonganterpelajar .Sebelumadagolonganinirakyat Indonesia berjuangmempertahankandaerahsendiri-sendiri.Ego dan rasa kesukuanmasihmelekateratdalambenakmereka.Dari pengetahuan yang didapatdaripara guru merekaakhirnyamenyadaribahwapersatuansangatdibutuhkandalammencapaikemerdekaan.Golonganterpelajarlahyang memprakarsaipersatuanseluruhrakyat Indonesiauntukmencapaikemerdekaanyang kemudiandikenalsebagaisumpahpemuda.
Dilihatdariuraiandiatastampakbahwaperanpendidikansangatlahpenting,tentunyadalammendukung proses pendidikan guru sangatlahdibutuhkan. Dalampuisidiatasdisebutkanbahwapengorbanannyasucidanikhlasjugajasa guru tidakternilaiharganya. Karenagurulahnegarakitamerdekadankarenamereka pula persatuan Indonesia initerwujud.Para gurulah yang menanamkanjiwanasionalismedan patriotismekepadaparamuridnya yang kelakmenjadipahlawan-pahlawanbangsa.
Ada sebuahceritamenarik yang seringsayadengardariparaguru.yaituketika Nagasaki dan Hiroshima di bom atom olehAmerikamaka yang pertama kali ditanyakanadakah guru  yang tersisa,laludisekolahkankeluarnegeri.Setelah lulus merekaditarikkembalikenegaranyauntukmemajukannegaranya.ItusebabnyanegaraJepanglebihcepatmajudibandingkanIndonesia.Sesungguhnyaperan guru amatlahbesarbagikemajuansuatunegara. Karenafaktor yang menyebabkansuatunegarabisamajuadalahpendidikan.Didalampendidikanterdapat system belajardanmengajar. Nah disitulahperan guru sebagaipengajarakantampak. Mengubah yang tidaktahumenjaditahutidakmengertimenjadimengertidanbahkanmenelorkanparailmuwan.
Dia…
Dia yang mengajarikuselamaini
Diayang  menjadikankusepertiini
Dia yang reladititipkanseorangaku..
Benda kosongmelompong yang saatituhanyapenuhnafsu..
Para pengusahasuksesseharusnyajugamenyadaribahwakesuksesannyajugadidukungolehpendidikan,minimal supayamerekabisamenghitunglabaruginya.Tanpabisamenghitunglabadanrugisuksespuntakakandiraihnya. Sebagaicontohdarimanaiamendapatkanilmumatematika? sudahtentujawabannyaadalahdarisekolahyaitudaripara guru matematika.Disiniterlihatbahwaperanpara guru jugapentingdalammundukungkesuksesanparamuridnyadalamberwirausahadengancaramenumbuhkanjiwawirausahakepadaparamuridnya.
Kembalikemasalahawalyaitupernyataankalauandainginjadi orang kaya, makajanganpilihmenjadi guru.Ironismemangparapemudadihimbauuntuktidakmenjadi guru, lalusiapa yang akanmenggantikanpara guru yang sudahmulaiberumur? tentusajaparapemuda.Sayaberharappadazaman yang semua orang hanyamengejarmateriinimasihada orang yang peduliterhadapprofesi guru.Menjadi guru bukansecaraterpaksatetapimerupakansuatutujuan yang muliayaituuntukmemajukan Indonesia.Para pengusahapundapatmenjadi guru denganmemberikanpelatihan-pelaihankepadagenerasimuda yang inginmenjadipengusaha.
Tanpaperansertadari guru akankah Indonesia maju?


No comments:

Post a Comment